Jadwalesports: Alasan Utama Kesuksesan Tayangan Kejuaraan M4

Jadwalesports – Kejuaraan Dunia M4 esport yang diadakan pada awal Januari menarik rekor penonton untuk Mobile Legends: Bang Bang, dan kedisiplinannya masih belum mencapai puncaknya. Turnamen terpaksa meninggalkan salah satu platform streaming utama, tetapi (hampir) tidak menderita karenanya. Dalam artikel Esports Charts baru, kami akan memberi tahu Anda apa yang membuat kejuaraan ini sukses dengan pemirsa, dan bagaimana M5 bisa menjadi lebih populer.

 

faktor Indonesia

jadwalesports

Diketahui bahwa penonton utama ML:BB berada di Asia Tenggara. Indonesia, yang merupakan negara terpadat keempat di dunia, sangat menonjol dari yang lain. Fakta bahwa Mobile Legends World Championship akhirnya berlangsung di Indonesia menjadi salah satu alasan utama kesuksesan acara tersebut. Perlu diingat bahwa dua turnamen terakhir dalam seri ini diadakan di Singapura, dan masing-masingnya menarik lebih dari 3 juta Peak Viewers. Itu sekitar seperempat dari hasil M4.

 

Selain itu, siaran Indonesia secara konsisten memimpin di semua turnamen internasional Mobile Legends. Mereka menarik lebih dari dua kali lebih banyak Rata-Rata Pemirsa sebagai aliran Filipina, bahasa terpopuler kedua di ML:BB.

 

Pengecoran Komunitas

Mayoritas penonton Kejuaraan Dunia M4 menonton saluran resmi acara tersebut. Namun, pertandingan turnamen tidak hanya disiarkan oleh penyelenggara sendiri, tetapi juga oleh pembuat konten pihak ketiga.

 

Secara total, semua streamer M4 esports pihak ketiga menyumbang lebih dari 19% dari total Jam Ditonton acara tersebut. Terutama streamer dari Indonesia yang konten utamanya adalah gameplay Mobile Legends menonjol di antara mereka.

 

Caster komunitas M4 paling populer adalah mantan pemain profesional ML:BB Indonesia MARSHA OZAWA, dengan 2,5 juta pelanggan di saluran YouTube-nya. Penontonnya menghasilkan kurang dari 3 juta Jam Ditonton. XINNN, Ihsan Luminaire, Gustian REKT, dan Jonathan Liandi juga masuk dalam 5 Besar menurut metrik ini.

 

Shutdown Nimo Bukan Masalah

Kejuaraan Dunia M4 sebagian besar ditonton di YouTube, pemirsa platform menghasilkan lebih dari 71% dari total HW turnamen. Namun, 3 Teratas menurut metrik ini juga mencakup Facebook dan… TikTok, yang mungkin terdengar tidak biasa bagi sebagian orang.

 

Pada Kejuaraan Dunia 2021, platform terpopuler kedua adalah Nimo TV, yang mengumpulkan 30% dari HW acara tersebut. Namun pada April 2022, perusahaan ditutup karena sanksi China, yang mengejutkan seluruh komunitas streaming Asia. Meskipun kehilangan platform yang menjanjikan untuk siaran, Kejuaraan Dunia M4 secara aktif dipromosikan di TikTok, dan akhirnya tidak menderita sama sekali, dan bahkan meningkatkan statistik pemirsa

Baca Juga :

ML:BB Esports Akan Berkembang Lebih Jauh

Kejuaraan Dunia Mobile Legends belum mencapai potensi penuhnya, dan turnamen berikutnya dalam seri ini bisa menjadi lebih populer karena beberapa alasan.

 

Pertama, audiens seluler di Asia Tenggara tumbuh setiap tahun, yang juga terlihat dari statistik Kejuaraan Dunia ML:BB. Pada saat yang sama, banyak gamer PC dari Asia Tenggara beralih ke perangkat seluler karena aksesibilitas dan popularitas industri yang semakin meningkat. jadwalesports

 

Kedua, Kejuaraan Dunia M5 mendatang akan diadakan di Filipina. Ini akan membuat lebih banyak orang mengetahui permainan dan turnamen, dan jumlah pemirsa siaran Tagalog mungkin akan meningkat secara signifikan.

 

Ketiga, selalu ada kemungkinan tim dari Indonesia dan Filipina akan berhadapan di final M5, yang belum pernah terjadi di dua turnamen sebelumnya. Jika itu terjadi, bentrokan ini memiliki semua peluang untuk menjadi yang paling populer di disiplin tersebut. jadwalesports

 

Patut diingat bahwa selama dua tahun berturut-turut, penonton World Championship mencapai puncaknya bukan di Grand Final, melainkan di Playoff: saat pertandingan RRQ Hoshi Indonesia melawan salah satu raksasa skena Filipina (Blacklist International di M4 dan ONIC Filipina di M3).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *